Oprah Winfrey dan diskriminasi minoritas kulit hitam di US.

13th, documenter by Ava du Vernay
Januari 2017, Oprah mewawancara Ava du Vernay, direktor dari dokumenter berjudul 13th, berisukan sejarah diskriminasi terhadap penduduk minoritas kulit hitam di US.

13th mengupas bagaimana elit” dan penduduk kulit putih melakukan kejahatan kemanusiaan melalui perbudakan, kriminalisasi, diskriminasi, stigma dan teror hingga hari ini terhadap ras kulit hitam.

When they see us, mini series by Ava du Vernay
Juni 2019, Oprah kembali melakukan wawancara terhadap pelaku” mini series When they see us. Series ini menceritakan betapa rasis dan bobroknya sistem hukum US yang mengkriminalisasi 5 remaja kulit hitam tidak bersalah serta perjalanan hidup mereka dibawah stigma kriminal hingga akhirnya dibebaskan dari segala tuduhan.

Dikenal sebagai Central Park 5 mereka adalah Raymond Santana, Antron McCray, Yusef Salaam, Kevin Richardson dan Korey Wise. Mereka ditangkap, diinterogasi, diintimidasi dan ditetapkan sebagai tersangka atas tuduhan pemerkosaan dan penganiayaan terhadap seorang wanita berkulit putih, Trisha Meili.

Caste, book by Isabel Wilkerson
Sebuah rekomendasi buku dari Oprah’s book club ini merangkum poin sejarah serta cara kerja sistem diskriminasi ras bernama kasta yang berlaku di beberapa belahan bumi dan mengatur bagaimana sebuah kelompok berlaku terhadap kelompok lainnya.

Mengutip Oprah, “This book explains why we are where we are in terms of racial injustice and inequality”.

Cerita yang tidak asing di kalangan Indonesia, mengingat kekejaman antar ras yang terjadi di masa orde baru, sekaligus menjadi teguran untuk diri sendiri tiap kali menjadikan ras, bentuk fisik dan atribut lain yang menempel pada identitas seseorang sebagai sebuah label atau stigma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *